BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Rabu, 29 Desember 2010

fungsi software ( perangkat lunak )

Perangkat komputer hanya kaleng kerupuk tanpa serangkaian intruksi. Intruksi-intruksi ini dikenal dengan nama software atau program komputer. Software ada pada jantung segala aplikasi komputer. Hardware komputer dibuat untuk tujuan umum. Sementara software di lain pihak, memungkinkan pengguna atau perusahaan menggunakan komputer untuk tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat dua jenis software, yaitu application software dan system software.

Application Software
Application software atau application adalah program komputer yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu yang dibutuhkan pengguna. Fungsionalitas tersebut sangat bervariasi, seperti word processing, spreadsheet, atau database. Application program adalah software yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan yang lebih spesifik.
System Software
System software berperan sebagai perantara antara computer hardware dan application software. System software menyediakan fungsi-fungsi untuk mengatur dan mengontrol system computer. Salah satu jenis system software yang populer adalah operating system. Adapun software yang ditanam ke dalam chip atau microprocessor sehingga menjadi bagian dari hardware disebut firmware.
Programming Language
Baik application software maupun system software ditulis dalam suatu skema pengkodean yang disebut dengan programming language. Programming language merupakan dasar bangunan software. Programming language memungkinkan orang mengintruksikan komputer untuk melaksanakan apa yang diinginkannya. Programming language adalah serangkaian simbol dan aturan yang digunakan untuk menulis kode program.

Jenis-jenis Application Software

Karena banyaknya perbedaan dalam menggunakan komputer, maka banyak pula berbeda-beda application program yang tersedia, ada yang tersedia untuk tujuan yang bersifat umum, dan ada di antaranya untuk tujuan khusus atau package yang dibuat untuk tujuan tertentu.
General-Purpose Application Program
General-purpose application program adalah software yang tidak dikaitkan dengan tugas-tugas bisnis tertentu, melainkan memiliki tujuan penggunaan yang lebih umum dalam pemrosesan informasi. Beberapa software yang termasuk dalam jenis ini adalah:
  • Spreadsheet. Software yang digunakan untuk mengolah informasi keuangan atau data-data dalam bentuk tabulasi.
  • Data Manajemen. Software yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan dan memanipulasi data. Ada dua jenis data manajemen, yaitu filing program dan database management system.
  • Word Processing. Software yang digunakan untuk mengolah teks.
  • Desktop Publishing. Software yang digunakan dalam bisnis penerbitan.
  • Graphics. Software yang digunakan untuk pembuatan dan pengolahan citra, seperti diagram, gambar, peta, fotografi, dan sebagainya.
  • Multimedia. Software yang menyajikan informasi dalam berbagai bentuk penampilan, seperti teks, musik, suara, atau film. Terdapat dua jenis software multimedia, yaitu presentation dan intercative. Penyajian informasi dalam presentation bersifat sekwensial seperti dalam tv atau bioskop, sementara penyajian informasi dalam interactive dalam mengikuti kehendak pemakai melalui media interaksi yang disediakan.
  • Communication Software. Komputer seringkali saling terhubung dalam rangka untuk membagi atau mengaitkan informasi. Untuk pertukaran informasi ini, komputer menggunakan communication software.
  • Workgroup Software. Workgroup software atau groupware membantu kelompok atau team untuk bekerja sama dengan cara menyediakan informasi yang dapat digunakan bersama melalui workflow di dalam kelompok tersebut.
  • Integrated Enterprise Software. Enterpise software terdiri dari program-program yang mengatur operasi-operasi vital sebuah perusahaan. Integrated enterprise software mendukung supply chain management, human resource management, dan financial management. Software ini kerap kali dikenal sebagai enterpise resource planning (ERP).
  • Web-based. Software yang dibangun berbasis teknologi web.

0 komentar: