BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Selasa, 25 Januari 2011

Cara Install Hackintosh Snow Leopard

Cara Install Hackintosh Snow Leopard

Dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan cara install hackintosh versi saya sendiri (dan berhasil di komputer saya). saya sarankan untuk mem-backup data penting anda (saya sih enggak backup) dan Use this at your own risk !!!

Spesifikasi Komputer saya :

-Intel Core 2 Duo
-NVIDIA GeForce 9600 GT 512 Mb
-Harddisk 160 Gb
-RAM 2 Gb

Dan alat-alat yang dibutuhkan :

-CD kosong
-Patch IOATAFamily.kext (cari di insanelymac, mac-inul, dll)(optional)
-Kesabaran dan ketabahan extra
-TransMac (cari di mbah gugel, yang trial juga boleh)
-Partisi Kosong (minimal 10 gb)
-partition wizard bootable terbaru.
-VoodooHDA_patched_by_Slice_n_AutumnRain.zip (cari di mbah gugel)
-DVD Hackintosh Snow Leopard Intel/AMD made by Hazard build 10A432(saya beli di harko mangga dua atau cari di toko kaset pc terdekat)

langsung aja deh. inilah caranya :

-partition wizard bootable di burn ke cd kosong
-kalau sudah selesai, keluarkan cd partition wizard dan Masukkan DVD installer hackintosh ke DVD ROM
-restart
-setting bios biar boot ke DVD
-Tunggu splash screen (logo apple) sampai masuk ke tahap selanjutnya
-Costumize Bahasa, keyboard layout, dll
-Setelah masuk ke interface install, buka disk utility
-Erase partisi kosong yang telah disediakan dan set ke HFS Extended (dan semacamnya)
-keluar dari disk utility, ikuti petunjuk on-screen dari installernya
-kalau sudah ketemu tulisan costumize, klik aja
-klik yang akan diinstall (kalau saya semuanya dicontreng)
-install deh
-kalau sudah selesai sampai ada tulisan "instal succesful", restart. tapi kalau Failed sebelum setengah jalan coba cek DVDnya.
-kalau booting lancar, berarti anda beruntung.
-Isi data diri, timezone, dll. dan OS (yang konon katanya) tercanggih di dunia telah terinstall di komputer/laptop anda.

Troubleshoot/penyelesaian masalah :

-Masalah 1 :kalau ada tulisan boot error, jangan takut dan jangan panik. ikuti instruksi saya.

  1. booting menggunakan cd partition wizard bootable
  2. ikuti instruksi on-screen
  3. saat sudah masuk partition wizard, set partisi hackintosh menjadi primary
  4. restart deh
-Masalah 2 : Kernel Panic karena ACPI
  1. untuk mendeteksinya, pada saat booting chameleon klik F8 dan ketik -v
  2. kalau sudah pasti karena ACPI, restart
  3. Masuk ke setting bios bagian acpi
  4. setting acpi (di bios saya ada 2 setting) di-enable semua
  5. restart deh.
-Masalah 3 : Kernel Panic Karena IOATAFamily.kext
  • Cara 1 : Dengan Keadaan Windows Telah Terinstall
  1. Masuk ke Windows (komputer saya telah terinstall Windows)
  2. Install TransMac
  3. Jalankan TransMac sebagai Administrator (run as administrator)
  4. Masuk ke /System/Library/Extensions
  5. Hapus IOATAFamily.kext
  6. ganti dengan IOATAFamily yang telah didownload dari mbah gugel (sempatkan baca keterangannya)
  7. restart
  • Cara 2 : Tidak ada OS sebelumnya
  1. di bootloader, ketik -x -v
  2. masuk ke Hackintosh
  3. Masuk ke /System/Library/Extensions
  4. Hapus IOATAFamily.kext
  5. ganti dengan IOATAFamily yang telah didownload
  6. restart
-Masalah 4 : Still waiting for root device karena 2 atau lebih partisi NTFS
  1. Booting dengan Partition Wizard Bootable
  2. set semua partisi menjadi primary
  3. restart
Setelah sukses masuk ke hackintosh, VGA card dan sound ga berfungsi? inilah tipsnya
  • VGA Card Tidak berfungsi : buka Application, cari aplikasi yang bernama EFISTUDIO. karena kartu grafik saya NVIDIA GeForce 9600 GT 512 mb saya menggunakan driver NVIDIA GeForce 8600 GT 512 mb. dan ternyata berhasil. Kalau seri ATI Radeon bisa cari driver yang mendekati kartu grafik anda di list EFISTUDIO. kalau Intel GMA jujur saya tidak tahu, cari aja di google. tidak dianjurkan bagi pengguna NVIDIA GeForce 9xxx Series untuk mendownload driver punya leopard karena gara-gara itu, saya tidak bisa booting (dan terpaksa saya install ulang).
  • Sound Card Tidak Berfungsi : ekstrak VoodooHDA_patched_by_Slice_n_AutumnRain.zip lalu ekstrak VoodooHDA.kext for snow. ekstrak file tersebut dan install VoodooHDA.kext. setelah itu cek iTunes anda dengan lagu Viva La Vida (lagu kesukaan saya). selesai de

0 komentar: