BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Selasa, 11 Januari 2011

Mengenal tampilan microsoft excel

Mengenal Tampilan Microsoft Excel

1. Tittle bar terletak pada bagian tas jendela utama yang memuat judul file(workbook) dan terdiri atas empat objek, mulai dari objek yang paling kiri, yaitu Control Menu. KLetika kita klik control menu akan tampil daftar menu perintah yaitu:

  • Restore, untuk mengatur jendela microsoft excel dalam ukuran relatif, yaitu ukuran yang dapat diatur lebar dan panjangnya sesuai dengan keinginan.
  • Move, untuk memindahkan posisi layar jendela microsoft excel ke posisi lain.
  • Size, untuk mengatur ukuran layar jendela microsoft excel.
  • Minimize, untuk menampilkan jendela microsoft excel ke ukuran minimal atau dalam bentuk ikon.
  • Maximize, untuk menampilkan jendela microsoft excel ke ukuran maksimal memnuhi layar monitor.
  • Close, untuk keluar dari microsoft excel.
2. Menu Bar, terdiri atas:

  • Menu file, untuk pengerjaan yangberhubungan dengan worksheet atau workbook seperti membuka workbook, menutup dan menyimpan, mencetak lembar kerja, membuat workbook yang baru, mengatur halaman pencetakaan.
  • Menu edit, untuk mengubah bentuk tampilan input pada sel atau worksheet yang sudah ada. Fung menu edit adalah memperbaiki isi sel, menghapus isi se, menambah isi sel, mengubah format sel, mengkopi isi sel.
  • Menu View, untuk melihat dan mengelola berbagai toolbar dan tampilan lainnya dalam microsoft e xcel. menu view hanya mengatur apakah suatu menu pada toolbar akan ditampilkan atau tidak ditampilkan.
  • Menu insert, untuk membantu proses pengolahan data dengan berbgai proses penyisipan(insert), seperti penyisipan kolom, baris, objek, menambahkan sesuatu ke data yang sudah ada, dan juga melakukan suatu proses pengolahan data dengan menggunakan macam - macam fungsi alat bantu yang tersedia.
  • Menu Format, untuk melakukan pengubahan bentuk tampilan sel, range sel, grafik, atau objek. Setelah suatu input dimasukkan, atau suatu informasi hasil pengolahan microsoft excel didapatkan, data atau informasi tersebut dapat di format untuk memperindah tampilan, membedakan suatu data atau informasi tertentu dari yang lain, memberi penjelasan khusus,dan lain sebagainya.
  • Menu Tools, untuk menyediakan alat  - alat bantu untuk mengolah data micrisoft excel lebih lanjut, yang tidak dimasukkan dalam menu yang lain.
  • Menu Data, untuk mengelola sekelompok data atau database yang ada pada sebuah worksheet.
  • Menu Window, untuk mengatur tampilan berbagai workbook yang ditampilkan.
  • Menu Help, untuk sebagai alternatif lain bagi para pemakai yang ingin memperoleh bantuan secara singkat dan jelas tentang suatu hal yang kurang dimengerti pada saat menggunakan Microsoft Excel.
2. Formula Bar, berfungsi untuk menunjukkanisi sel atau formula(rumus)yang akan di masukkan ke sel tertentu. ada 2 bagian pada formula bar, yaitu:

  • Name Box disebut kotak indikator, yang terletak di sebelah kiri. kotak ini menunjukkan posisi pointer excel berada.
  • Formula bar, yang berisi rencana input yang akan di masukkan ke dalam sel.
3. Worksheet, baris kolom, dan sel
Worksheet(lembar kerja) merupakan bagian dari workbook. satu worksheet terdiri atas sel, kolom, dan baris. satu sheet terdapat 256 kolom dan 65. 536 baris, yaitu kolom A samapi dengan IV dan baris 1 sampai dengan 65.536. Setiap pertemuan baris dan kolom disebut sel.

4. Tab Worksheet, letaknya di bagian bawah sejajr denga scroll bari horizontal. Tab worksheet adalah lajur atau baris yang menunjukkan lembar kerja yang aktif. Microsoft excel memberikan 3 sheet untuk dipakai dalam setiap workbook, yang dalam prakteknya dapat dikurangi atau ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Setiap workbook terdiri atas 1 sampai denga 255 worksheet. Kita dapat berpindah anatarworksheet dalam suatu workbook dengan cara mengklik tab worksheet. Setiap worksheet akan diberi nama dan setiap kali kita membuk worksheet baru, nama worksheet itu masih merupakan nama default, yaitu sheet1, sheet2, sheet3 dan seterusnya.

0 komentar: