BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Selasa, 11 Januari 2011

Menyalin dan memindahkan file

Menyalin dan memindahkan file

Cara yang dilakukan sama dengan cara menyalin dan memindahkan folder, yaitu pilih file yang akan disalin lalu klik menu Edit > Copy. Cara lain adalah klik kanan file yang dimaksud dan pilih Copy atau dengan shortcut keyboard Ctrl + C. Tentukan tempat salinan file akan diletakkan, lalu klik menu Edit > Paste. Dapat juga dengan klik kanan dan pilih Paste atau dengan shortcut keyboard Ctrl + V. Salinan file yang kamu inginkan akan muncul di tempat tersebut.

Untuk memindahkan file ke tempat baru, cara yang dilakukan hampir sama namun dengan memilih operasi Cut (Ctrl + X) dan di-paste di tempat baru yang dikehendaki sehingga file yang kamu pilih akan dipindahkan ke tempat tersebut. Yang periu kamu ingat adalah file dapat diubah namanya, dipindahkan, atau dihapus hanya ketika file tersebut tidak sedang dibuka.

Jika file yang akan disalin atau dipindahkan jumlahnya banyak, lakukan piiihan sekaligus dengan cara menekan tombol Ctrl sambil klik file-file yang diinginkan. Bila file-file tersebut letaknya berurutan, klik file pertama lalu tekan tombol Shift dan klik file terakhir. Cara lain memilih file yang letaknya berurutan adalah dengan men-drag-nya. File-file yang dipilih akan diblok, dan kamu dapat menyalin atau memindahkannya secara bersarnaan. Cara ini jugs dapat dilakukan untuk menyalin atau memindahkan folder yang jumlahnya lebih dari satu.

Selain dengan cara tersebut di atas, kamu dapat menyalin file dan folder dengan cara drag and drop, yakni klik dan tahan file/folder (atau beberapa file/ folder) di jendela Windows Explorersebelah kanan, kemudian geser (klik mouse tetap ditahan) ke folder/ drive baru di jendela sebelah kiri. Perhatikan bentuk kursor menjadi bertanda (+). Lalu lepaskan mouse di folder baru. Jika file/folder dipindahkan ke folder baru yang terletak dalam satu drive (misalnya samasama C: atau D:) maka file/folder akan dipindahkan (seperti di-cut), namun jika berbeda drive (misalnya dari D: ke C: atau sebaliknya), maka file/folder itu akan disalin (seperti di-copy).

0 komentar: